Kamis, 30 Juli 2009

Apa sih Software Portable...????

ada orang yang tanya sama saya "Mas emang ada software yang cara pemakaiannya ga pake install??" saya bilang "ada pak, itu namanya Software Portable pak atau software yang bisa dibawa kemana-mana kalo mau pake tinggal double klik aja ga perlu diinstall" istilah Portable Application ini sudah cukup familiar saya kenal karena ada yang belum tau jadi posting aja deh tentang Portable Application
Portable Application atau dalam bahasa indonesia disebut Aplikasi Portabel merupakan aplikasi atau program komputer yang dapat dijalankan tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu. Singkatnya, pengertian Portable Software adalah software yang ga perlu diinstal, berukuran relatif kecil sehingga mudah untuk di bawa-bawa dengan media penyimpanan misalnya Flashdisk. Tapi bukan berarti aplikasi ini bisa dijalankan pada semua sistem operasi seperti windows, linux, mac, dan lain-lain. Oleh karena itu jangan dicapurkan dengan pengertian software portability yaitu kemampuan sebuah aplikasi/perangkat lunak dengan sedikit modifikasi sehingga bisa dijalankan pada beberapa platform. Ketika peratalan portable dihubungkan dengan komputer, aplikasi portabel tersebut dapat langsung diakses.

Istilah lain yang sering digunakan mengganti aplikasi portabel adalah standalone.

Program-program ini dapat dengan mudah disimpan ke dalam media penyimpanan baik itu berupa cd, usb flash disk, ataupun sd card. Saya sangat terbantu dengan adanya Portable Application ini, jenis programnya sangat banyak pilihannya bahkan windows pun ada yang portabel.
Sebagai contoh ketika main diwarnet saya terbiasa menggunakan browser Mozilla Firefox, namun tidak semua warnet menyediakan browser tersebut, kalau harus install dulu lama prosesnya. Lebih baik pakai Aplikasi Portable tinggal klik dua kali langsung bisa running. Tidak hanya terbatas pada software ringan seperti browser aplikasi portable ini juga banyak dijumpai pada beberapa software yang bisa dikatakan berat misalnya untuk design grafis ada Adobe Photoshop CS4, Corel Draw X3&X4, Macromedia Freehand, 3dsmax, Adobe Illustrator dll. Untuk software perkantoran juga sudah banyak seperti Office 2003, Office 2007, Open Office Portable. Jadi pemakaian software portable ini jelas sangat menguntungkan untuk kita yang sering berpindah2 user komputer.

Kenapa kita menggunakan aplikasi portabel?

  1. Pada umumnya gratis. Beberapa situs penyedia: portableapps, portablefreeware
  2. Sistem keamanan data. Karena data disimpan di peralatan portabel, maka keamanan data tersebut juga diuntungkan karena tidak tersimpan di dalam komputer tertentu
  3. Praktis. Sekali kita install didalam USB bisa dijalankan untuk beberapa komputer.

Berikut ini saya berikan link tempat download software portable yang mangstab..
klik disini dan disini...
Semoga postingan ini bermanfaat
Dikutip dari beberapa sumber.

8 komentar:

Posting Komentar