Kamis, 16 April 2009

Apakah anda tahu berapa umur USB Flash Disk anda…???

USB (Universal Serial Bus) saat ini merupakan sarana Removable Storage (Media penyimpanan yang bias dipindah-pindahkan) yang paling banyak diminati selain harganya yang makin lama makin murah, makin terjangkau USB Flah Disk juga sangat mudah digunakan untuk menyimpan, menulis atau membuka suatu file karena penggunaannya yang Automatic Run (Langsung terdeteksi pada komputer ketika dicolokan) pada PC (Windows XP/Vista) memudahkan penggunannya untuk memakainya. Kini USB Flash Disk sudah tersedia dengan berbagai model dan bermacam-macam, Kapasitas, bentuk serta fitur yang saya rasa anda pun sudah banyak mengetahuinya.

Tapi apakah anda tahu berapa lama umur USB Flash Disk anda?

Dan mengapa kebanyakan toko - toko penjualan komputer menjual USB Flash Disk dengan harga yang semakin murah dan Life Time Waranty (Garansi Seumur Hidup) tentu saja anda sangat tertarik dengan penawaran seperti itu.

Baiklah kita coba bahas disini. Melalui beberapa sumber dinyatakan bahwa Umur USB Flash Disk secara normal itu adalah antara 10000 sampai 100000 kali proses hapus tulis artinya satu kali kita melakukan penyimpanan (saving) didalam USB Flash Disk itu merupakan 1 kali proses tulis, hal itu adalah umur USB Flash Disk yang normal tidak termasuk jika USB Flash Disk jatuh, kena air, atau mengalami kecelakaan lainnya

Tips Merawat Flash Disk Yang Baik:

1. Minimalkan proses Saving( Penyimpanan), Deleting (Penghapusan) dan pembukaan file langsung dari USB Flash Disk karena seperti penjelasan diatas umur USB Flash Disk adalah 10000 sampai 100000 proses hapus tulis jadi proses itu sama saja memperpendek umur USB Flash Disk anda.

2. Lakukanlah Scanning virus pada USB Flash Disk anda dengan antivirus yang update karena dengan fitur Automatic Run dari USB Flash Disk maka jika pada PC terdapat virus maka virus akan otomatis masuk ke USB Flash Disk anda.

3. Lakukanlah cara Stopped / Ejecting USB Flash Disk yang benar yaitu dengan mengklikn icon USB pada kanan bawah pada PC anda lalu klik Safely Removable Hardware. Hal ini untuk keamanan data anda

4. Jauhkan USB Flash Disk dari alat-alat elektronik karena pada alat-alat elektronik terdapat magnet yang tidak baik bagi USB Flash Disk.

5. Hindarkan USB Flash Disk anda dari terkena air, meskipun banyak pabrikan USB Flash Disk yang menyatakan bahwa USB Flash Disk keluarannya adalah water resistant (Anti Air) namun sama seperti produk elektronik lainnya USB Flash Disk pun tidak tahan dengan air, maka dari itu sebisa mungkin USB Flash Disk anda jangan terkena air.

6. Hindarkan USB Flash Disk anda dari hawa panas, hawa panas bias menggangu performafa USB Flash Disk anda.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda

4 komentar:

Posting Komentar